Jurnal Dosen
ANALISIS KOMPONEN WEBSITE DESA WISATA CIMANDE SEBAGAI MEDIA PROMOSI ELEKTRONIK (E-TOURISM)
Saat ini, promosi melalui internet dianggap lebih mudah untuk dilakukan. Selain biayanya yang lebih murah, penggunaan internet untuk promosi dianggap lebih real timedan lebih informatif karena dapat menyampaikan informasi secara tepat dan jelas. Desa Wisata Cimande menggunakan websitedalam mempromosikan kegiatan wisatanya (e-tourism). Namun websiteyang ada, belum terkelola dengan baik dan perlu untuk dilakukan perbaikan dan pembaharuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode observasi langsung pada obyek penelitian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berbagai permasalahan websitepromosi wisata Desa Wisata Cimande. Penelitian ini mengidentifikasi komponen websitedengan menggunakan indikator yaitu nama domain, tahun pembuatan, website, kredibilitas dan fungsionalitas websiteserta kualitas presentasi konten website. Hasil penelitian menunjukkanbahwa websiteDesa Wisata Cimande memiliki nama domain yaitu desawisatacimande.com. Domain termasuk dalam generic Top Level Domain(gTLD) dan tidak menggunakan kode negara karena sifatnya non-formal dan komersil. Websitedibuat pada 27 Desember 2019. Jenis websitetermasuk dalam websitestatis dan pemilik websiteyaitu RUMAHOSTING.COM. Hak cipta dimiliki oleh Desa Wisata Cimande dengan sitasi data sampai saat ini belum ada. Pembaharuan pada websitetergolong minim karena pengelola belum membiasakan pengadaan (penjadwalan) pembaharuan pada website. Menu bar pada websitedapat ditemukan pada halaman beranda websitedan fungsi navigasi websiteberjalan dengan baik. Pencarian cepat disediakan oleh websitenamun kualitasnya masih buruk. Site maptersedia pada bagian kontak website. Kontras warna pada websitedinilai baik dan pengunaan bahasa asing masih belum ada.
Tidak tersedia versi lain