Jurnal Dosen
STRATEGI KEPEMIMPINAN OTENTIK UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS POOKDARWIS DESA WISATA SUKAJADI, KABUPATEN BOGOR, JAWA BARAT
Tren desa wisata di Indonesia mengalami peningkatan pasca p&emi Covid-19 seiring dengan munculnya paradigma ekonomi baru di sektor pariwisata.Namun, pengembangan desa wisata masih lambat dengan masih banyaknya jumlah desa wisata rintisan, terutama di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat yangdib&ingkan dengan provinsi lain di Pulau Jawa. Salah satu permasalahan krusial dalam pengembangan desa wisata di Kabupaten Bogor adalah keterbatasan sumber daya manusia dan kelembagaan, sehingga urgensi penelitian ini adalah desa wisata Kabupaten Bogor memerlukan penguatan pariwisata melalui pemberdayaan SDM kelompok sadar wisata (Pokdarwis) yang kreatif melalui peran kepemimpinan otentik. Tujuan penelitian ini adalah penguatan SDM pariwisata yang berdaya saing global berbasis pemberdayaan pokdarwis melalui strategi kepemimpinan otentik untuk meningkatkan kreativitas. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan analisis SWOT. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan narasumber sebesar enam (6) narasumber atau expertise. Penelitian ini menghasilkan delapan strategi kepemimpinan otentik yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas dan daya saing global dari pokdarwis desa wisata Sukajadi, serta mendorong inovasi dan mencegah duplikasi daya tarik wisata.
Tidak tersedia versi lain